Niat Puasa Muharram 9 - 10 Tasu'a Dan Asyura Lengkap

Niat Puasa Tasu'a dan Asyura - Setelah kita memahami berbagai macam keistimewaan yang terjadi di bulan muharram semua dapat kita ambil hikmah untuk meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT sehingga kita bisa melaksanakan apa yang Alloh dan Rasul-NYA perintahkan kepada kita sebagai umat islam.

Diantara hikmah yang paling istimewa adalah kejadian pada tanggal 10 muharram lebih di kenal dengan asyura di sana banyak kejadian-kejadian yang sangat menakjubkan yang diberikan Alloh kepada para Nabi, makanya kita sebagai umat islam di sunahkan untuk melaksanakan puas 9-10 muharram atau tasu‘a dan puasa asyura .

Untuk bacaan niat puasa tasu‘a asyura dalam tulisan bahasa arab latin lengkap dengan artinya akan kami paparkan disini guna untuk saling mengingatkan satu sama lain karena jarang di laksanakannya cuman sekali dalam waktu setahun seperti di bawah ini:

Niat Puasa Muharram 9 - 10 Tasu'a Dan Asyura Lengkap

Bacaan Niat Puasa Asyura Arab Latin Dan Artinya

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ التَا سُوعَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatit Tasû‘â lillâhi ta‘âlâ. Artinya, “Aku berniat puasa sunah Tasu‘a esok hari karena Allah SWT.”

Sedangkan contoh lafal niat puasa sunah Asyura sebagai berikut.

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ عَنْ أَدَاءِ سُنَّةِ ِعَا شُورَاء لِلهِ تَعَالَى

Nawaitu shauma ghadin ‘an adâ’i sunnatil âsyûrâ lillâhi ta‘âlâ. Artinya, “Aku berniat puasa sunah Asyura esok hari karena Allah SWT.”

Dasar hukum di sunahkannya melaksanak puasa asyura sebagai mana dalam hadits riwayat Ibnu Abbas:

مَا رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَتَحَرَّى صِيَامَ يَوْمٍ فَضَّلَهُ عَلَى غَيْرِهِ إِلاَّ هَذَا الْيَوْمَ: يَوْمَ عَاشُورَاءَ وَهَذَا الشَّهْرَ يَعْنِي شَهْرَ رَمَضَانَ

Artinya : “Aku tidak pernah melihat Rasulullah benar-benar perhatian dan menyengaja untuk mengerjakan puasa yang ada keutamaannya daripada puasa pada hari ini, yaitu hari Asyura dan puasa bulan Ramadhan”.

عن ابن عباس رضي الله عنهما قال : حين صام رسول الله صلى الله عليه وسلم يوم عاشوراء وأمر بصيامه ، قالوا : يا رسول الله ! إنه يوم يعظمه اليهود والنصارى. فقال رسول الله صلى الله عليه وسلم :” لئن بقيت إلى قابل ، لأصومن التاسع”…رواه مسلم

Daripada Ibnu Abbas r.a. berkata: “Ketika Rasulullah SAW berpuasa pada hari ‘Asyura dan Baginda menyuruh berpuasa pada hari tersebut. Para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah ! Sesungguhnya hari ini (‘Asyura) adalah hari yang dibesarkan oleh Yahudi dan Nasara.” Maka Baginda bersabda: “Sekiranya daku masih ada pada tahun hadapan , pasti daku akan berpuasa juga pada hari sembilan (9 Muharram).” (Riwayat Imam Muslim)

Sehingga Rsululloh SAW selalu melaksakan puas pada tanggal 10 muharram setiap tahunnya.

Dan Rasulullah bersabda :

صِيَامُ يَوْمِ عَاشُورَاءَ أَحْتَسِبُ عَلَى اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الَّتِي قَبْلَهُ

Artinya : “Puasa Asyura aku memohon kepada Allah agar dapat menghapus dosa setahun yang lalu.”

Demikian yang dapat kami sajikan bacaan niat puasa tasu'a dan asyura arab latin lengkap dengan artinya seperti bacaan doa akhir dan awal tahun semoga bermanfaat dan kita bisa lebih meningkatkan ketaqwaan kepada Alloh SWT.