Bacaan Doa Akhir Dan Awal Tahun Arab Latin Lengkap Artinya

Bacaan Doa Akhir Dan Awal Tahun Arab Latin Lengkap Artinya - Di saat menjelang pergantian tahun baik hijriyah maupun masehi dengan megharapkan keberkahan yag kita dapatkan maka bagi umat islam dianjurkan untuk membacakan doa khusus akhir dan awal tahun.

Bacaan doa ini untuk tahun hijriyah di baca di saat menjelang terbenamnya matahari untuk doa akhir tahun sedangkan doa awal tahun dibacakannya setelah terbenamnya matahari atau setelah waktu maghrib bisa secara perorangan atau berjamaah yang di mothowipan oleh imam.

Dan biasanya yang telah berjalan di masyarakat kita ini sambil melaksaakan ritual keagamaan yang lainya tidak cukup dengan bacaan doa akhir dan awal tahun saja seperti berjamaah membaca surat yasin, sholat tasbih dan melaksanakan sujud syukur sebagai tanda bentuk rasa syukur kepada Alloh SWT yang telah memberikan umur panjang kepada kita semua.

Bacaan Doa Akhir Dan Awal Tahun  Arab Latin  Lengkap Artinya

Berikut Bacaan Doa Awal Tahun Arab:

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْمِ الْحَمْدُ لِلّهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ اللّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِناَ مُحَمَّدٍ صَلَاةً تَمْلَأُ خَزَائِنُ اللهِ نُوْرًا، وَتَكَوْنُ لَنَا وَلِلْمُؤْمِنِيْنَ فَرْجاً وَفَرْحاً وسُرُوْراً، وَعَلَى آلِهِ وَصَحْبِهَ وَسَلَّمَ تَسْلِيْماَ كَثِيْراً , اَللَّهُمَّ أَنْتَ اْلاَ بَدِيُّ الْقَدِيْمُ اْلاَوَّلُ وَعَلَى فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ وَكَرَمِ جُوْدِكَ الْمُعَوَّلُ وَهَذَا عَامٌ جَدِيْدٌ قَدْ اَقْبَلَ اَسْأَلُكَ الْعِصْمَةَ فِيْهِ مِنَ الشَّيْطَانِ وَ اَوْلِيَائِهِ وَالْعَوْنَ عَلَى هَذِهِ النَّفْسِ اْلاَمَّارَةِ بِالسُّوْءِ وَاْلاِشْتِغَالِ بِمَا يُقَرِّبُنِى اِلَيْكَ زُلْفَى يَاذَالْجَلاَلِ وَاْلاِكْرَامِ وَصَلَى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ

"Bismillahirrohmaanirrohiim Alhamdulillahi Rabbil'alamiin Allohumma sholli A'alaa Syayyidiina Muhammadin Shollatan Tsamla'u Khojaainnullohi Nuuron, Watakuunu lanaa Walill Mu'miniina Parjan Waparhan Wasururon Wa'alaa Alihi Washohbihi tasliiman kasiiron,
“Allahumma antal-abadiyyul-qadiimul-awwal. Wa ‘alaa fadhlikal-‘azhimi wujuudikal-mu’awwal. Wa haadzaa ‘aamun jadiidun qad aqbal. Nas’alukal ‘ishmata fiihi minasy-syaithaani wa auliyaa-ihii wa junuudihii. Wal’auna ‘alaa haadzhihin-nafsil-ammarati bis-suu-i. Wal-isytighaala bimaa yuqarribunii ilaika zulfa. Yaa dzal-jalaali wal-ikraam. Wa sallallaahu ‘alaa sayyidina Muhammadin wa ‘alaa ‘aalihi wa shahbihii wa sallam.”

Artinya: “Ya Alloh Semoga Engkau Memberikan Rahmat Kepada Sayyid Rosullulloh Dengan Rahmat Sepenuh Gudang-Mu Dengan Berupa Sinar, dan Untuk Kita Semua Sebagai Bentuk Ke Bahagiaan, Ya Allah Engkaulah yang abadi, dahulu, lagi awal. Dan hanya kepada anugerah-Mu yang Agung dan Kedermawanan-Mu perlindungan dalam tahun ini dari godaan setan, kekasih-kekasihnya dan bala tentaranya. dan kami memohon pertolongan untuk mengalahkan hawa nafsu amarah yang mengajak pada kejahatan, agar kami sibuk melakukan amal yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat yang memiliki Keagungan dan kemuliaan. Semoga Allah senantiasa melimpahkan rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad SAW, dan ke atas para keluarga dan sahabatnya.

Berikut Bacaan Doa Akhir Tahun Arab Latin Lengkap

وَصَاَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِ نَا مُحَمَّدٍ دَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ , اَلَّلهُمَّ مَا عَمِلْتُ فِى هَذِهِ السَّنَةِ مِمَّا نَهَيْتَنِي عَنْهُ فَمَمْ اَتُبْ مِنْهُ وَاَمْ تَرْضَهُ وَلَمْ تَنْسَهُ وَحَلَمْتَ عَلَيَّ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُو بَتِى اِلَي اتَّوْبَةِ مِنْهُ بَعْدَ جُرْاَتِىْ عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَاءِنِّى اَسْتَغْفِرُكَ فَاغْفِرْلِى وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَاهُ وَوَعَدْتَنِى عَلَىْهِ الثَّوَابَ فَاَسْئَلُكَ اَلَّلهُمَّ يَا كَرِيْمُ يَاذَاالْجَلَالِ وَالْاِكْرَامِ اَنْ تَتَقَبَّلَهُ مِنِّى وَلاَ تَقْطَعْ رَجَائِىْ مِنْكَ يَاكَرِيْمُ وصَلَّى اللهُ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ النَّبِىِّ الْاُمِّىِّ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمْ

“Wa shalallaahu ‘alaa sayyìdìnaa Muhammadìn wa ‘alaa aalìhìì wa shahbìhìì wa salam.

Allahumma maa ‘amìltu fìì haadzìhìs sanatìlmìmmaa nahaìtanìì ‘anhu falam atub mìnhu walam tardlahu walam tansahuu wahalìmta ‘alayya ba’da qudratìka ‘alaa ‘uquubatìì wada’ antanìì ìlattaubatì mìnhu ba’da juratìì ‘alaa ma’shìyatìka faìnnìì astaghfìruka faghfìrlì.

Wamaa ‘amìltu fììhaa mìmmaa tardlaa hu wawa’ adtanìì ‘alaìhìts tsawaaba fa as alukallaahumma yaa karììmu yaa dzal jalaa lì walìkraamì an tataqabbalaahu ‘alaa sayyìdìnaa Muhammadìn nabìyyìl ummìyyì wa ‘alaa ‘aalìhì wa shahbìhìì wa sallam.”

Artinya: “Semoga rahmat dan salam tercurahkan kepada junjungan kami dan tuan kami, Nabi Muhammad beserta keluarga dan para sahabatnya.

Ya Allah, laranglah apapun yang telah kulakukan pada tahun ini, sedang aku tidak bertaubat darinya, dan Engkau tidak meridhainya, tidak melupakannya dan Engkau berbelas kasih kepadaku padahal engkau berkuasa untuk menghukumku, dan Engkau telah menyeru kepadaku agar bertaubat setelah aku berani berbuat durhaka kepada-Mu.

Maka sesungguhnya sekarang aku memohon ampun kepada-Mu, ampunilah aku.

Apapun yang telah kulakukan pada tahun ini, dan telah Engkau janjikan pahalanya kepadaku, maka aku memohon kepada-Mu, Ya Allah, wahai yang Maha Mulia, wahai yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, mohon Engkau menerimanya, dan janganlah Engkau putuskan harapanku kepada-Mu wahai Yang Maha Mulia.”

Mungkin itulah yang dapat kami sajikan bacaan doa akhir dan awal tahun 1 muharram dalam tulisan bahasa arab latn lengkap dengan artinya semoga bermanfaat dan kita mendapatkan keberkahannya dari Alloh SWT.