keistimewaan keutamaan Kejadian 10 bulan muharram

Keistimewaan Dan Kejadian 10 bulan Muharram - Bulan muharram adalah merupakan salah satu bulan yang di mulyakan oleh Alloh SWT. karena dalam setahun hitungan bulan ada 12 bulan dari ke12 bulan tersebut ada 4 bulan yang di muliaka oleh Alloh SWT yaitu bulan rojab, dzulqadah, dzulhijah dan muharrom.

Yang menjadi argumen bulan muharah masuk kata gori bulan hurum, karena pada bulan itu memiliki banyak keistimewaan yang Alloh berikan pada para Nabiyolloh terutama pada tanggal 10 yang di kenal dengan asyura lebih dari 10 keistimewaan yang perlu kita ambil hikmahnya.

Dalam surat At-Taubah ayat 36 Allah SWT berfirman:

إِنَّ عِدَّةَ الشُّهُورِ عِنْدَ اللَّهِ اثْنَا عَشَرَ شَهْرًا فِي كِتَابِ اللَّهِ يَوْمَ خَلَقَ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضَ مِنْهَا أَرْبَعَةٌ حُرُمٌ ذَلِكَ الدِّينُ الْقَيِّمُ فَلَا تَظْلِمُوا فِيهِنَّ أَنْفُسَكُمْ وَقَاتِلُوا الْمُشْرِكِينَ كَافَّةً كَمَا يُقَاتِلُونَكُمْ كَافَّةً وَاعْلَمُوا أَنَّ اللَّهَ مَعَ الْمُتَّقِينَ (التوبة : 36)

"Sesungguhnya bilangan bulan menurut Allah ialah dua belas bulan pada ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana merekapun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa."


Diantar keistimewaan kejadian 10 bulan muharram itu pertama seperti di terima taubatnya Nabi Adan AS setelah dikebumikan dari surga beserta Hawa sebagai istrinya, dalam taubatnya Nadi Adam sehingga 100 tahun lamanya menunduka kepala gak berani melihat langit denga alasan merasa malu bersalah di hadapan Alloh SWT, waktu disurga memetik buah kholdi.

Kedua diselamatkannya Nabi Enuh beserta kaumnya di atas perahu setelah mengalami banjir yang melanda seluruh dunia sehingga anaknya sendiri yang bernama Kan'an tenggelam sampai mati, karena tak mau mengikuti ajakan Nabi Enuh ikut naik keatas perahu (bahtera) yang telah di sediakanya, banji tersebut setelah Alloh SWT meurunka hujan deras.

Allah Ta’ala berfirman,

هِيَ تَجْرِي بِهِمْ فِي مَوْجٍ كَالْجِبَالِ وَنَادَى نُوحٌ ابْنَهُ وَكَانَ فِي مَعْزِلٍ يَا بُنَيَّ ارْكَبْ مَعَنَا وَلا تَكُنْ مَعَ الْكَافِرِينَ قَالَ سَآوِي إِلَى جَبَلٍ يَعْصِمُنِي مِنَ الْمَاءِ قَالَ لا عَاصِمَ الْيَوْمَ مِنْ أَمْرِ اللَّهِ إِلا مَنْ رَحِمَ وَحَالَ بَيْنَهُمَا الْمَوْجُ فَكَانَ مِنَ الْمُغْرَقِينَ

“Dan bahtera itu berlayar membawa mereka dalam gelombang laksana gunung. Dan Nuh memanggil anaknya sedang anak itu berada di tempat yang jauh terpencil: “Hai anakku, naiklah (ke kapal) bersama kami dan janganlah kamu berada bersama orang-orang yang kafir.” Anaknya menjawab: “Aku akan mencari perlindungan ke gunung yang dapat memeliharaku dari air bah!” Nuh berkata: “Tidak ada yang melindungi hari ini dari azab Allah selain Allah (saja) Yang Maha Penyayang”. Dan gelombang menjadi penghalang antara keduanya; maka jadilah anak itu termasuk orang-orang yang ditenggelamkan” (Huud : 42-43).

Kejadia ketiga dikeluarkannya Nabi Yunus as dari perut ikan paus, Selamatnya Nabi Ibrahim AS dari api yang membakarnya oleh Raja Namrud, Dikembalikannya penglihatan Nabi Ya’qub as., tenggelamnya Fir’aun di dasar laut merah saat mengejar Nabi Musa, Terbelahnya laut merah untuk Nabi Musa as setelah dikejar Fir’aun, dikeluarkannya Nabi Yusuf as dari sumur setelah diceburkan saudara-saudaranya dan masih banyak lagi yang lainnya.

Untuk lebih jelasnya kejadian-kejadian pada taggal 10 muhararam serta kisah satu persatunya para Nabi Alloh dan niat puasa tasu'a asyura terus aja anda update di sini, karena kami telah menyajikan banyak sejarah dalam islam.

Mungkin itulah yang dapat kami sajikan keistimewaan dan kejadian taggal 10 bulan muharram, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua sehingga kita dapat mengambil hikmahnya.